Tuesday, November 18, 2014

Ini Yang Harus Anda Pahami Tentang Uang!

Robert T.Kiyosaki - Penulis buku Best Seller "Rich Dad Poor Dad"

Anda ingat pelajaran mengenai uang di sekolah anda? Sebagai alat jual beli, sebagai aset kekayaan, dan selesai. Itu saja? Sayang sekali. Banyak dari masyarakat yang belum memahami bagaimana bermain dengan uang, kata Robert T Kiyosaki dalam bukunya yang fenomenal “ Rich Dad Poor Dad”.

Ada sebuah kisah nyata terkait pengelolaan uang, Rani (bukan nama sebenarnya) adalah seorang pengusaha katering di kota Malang. Ia terlilit utang rentenir yang awalnya hanya 250 ribu rupiah untuk modalnya buka warung sekitar 10 tahun yang lalu. Namun utang piutang tersebut tidak pernah dicatat dan parahnya, uang tersebut tercampur dengan uang pribadi. Apa akibatnya? Saat ini hutangnya menjadi 15 juta rupiah! Yang jelas, sepeda motornya sudah menjadi korban dan tinggal satu aset kekayaannya SHM Rumah. 

Kiyosaki menjelaskan beberapa poin sederhana terkait manajemen uang, diantaranya:

Jangan Pernah Bekerja Untuk Uang

Jangan pernah bekerja untuk uang, tapi buatlah uang bekerja untuk kita. Ketika seseorang bekerja untuk uang, maka loyalitas dan totalitas orang tersebut terbatas pada uang. Kalau gak ada uang, gak mau kerja. Itulah mentalitas orang yang bekerja untuk uang. Sebagai apapun anda, pengusaha atau profesional, jangan menjadi hamba uang. Bekerjalah semaksimal mungkin, dengan loyalitas dan totalitas maksimal, percayalah, uang yang mendatangi anda. Kalaupun tidak datang seketika, uang akan datang di kemudian hari.

60 % alokasikan untuk Aset

Apa itu aset? Intinya, aset adalah sesuatu yang mendatangkan uang ke saku anda atau sesuatu yang tidak akan mengeluarkan uang dari saku anda. Kebanyakan, ketika seseorang menerima gaji (apalagi gaji pertama), yang dilakukan adalah membeli smartphone baru, mengambil kredit sepeda motor, mengambil kredit mobil, dan membuat kartu kredit baru. Gaya hidup konsumtif semacam itu sebaiknya anda ditinggalkan kalau anda menginginkan progress dalam hidup kita. 


Ingin Tahu selengkapnya? Baca bukunya Rich Dad Poor Dad versi Bahasa Indonesia: Download Full PDFnya di sini

No comments:

Post a Comment